4 Vitamin Yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hami Selama Kehamilan

lili 0
kehamilan

Kehamilan nyatanya adalah saat-saat yang menyenangkan apalagi bagi keluarga baru. Dimana bersama dengan anda ada makhluk kecil yang tumbuh dalam perut. Anda bisa merasakan kehadirannya bahkan beragam gerakannya dari dalam perut anda tersebut. Meskipun selama menjalankan masa kehamilan terdapat beragam suka maupun duka yang sering terjadi tetapi anda menjalaninya dengan suka cita.

Selama menjalani masa kehamilan yang kurang lebih terjadi selama 9 bulan, anda diharuskan untuk menjaga pola konsumsi harian anda. Dimana ada beberapa konsumsi pangan yang harus dikurangi dan dihindarkan supaya tidak menghambat masa pertumbuhan si kecil. Sebaliknya, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan bayi dalam kandungan anda.

Nutrisi baik yang dibutuhkan bayi selama pertumbuhannya kebanyakan didukung oleh vitamin dan mineral. Sehingga dianjurkan untuk ibu hamil mengkonsumsi multivitamin yang disarankan dokter untuk dikonsumsi harian. Berikut ini merupakan beberapa vitamin ibu hamil yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan

Vitamin D

Vitamin D menjadi salah satu nutrisi yang sangat disarankan bagi anda yang sedang pada masa kehamilan. Konsumsi makanan maupun vitamin ibu hamil yang mengandung vitamin ini sangat disarankan selama kehamilan karena mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Vitamin D berperan dalam pembentukan tulang dan gigi anak sehingga penting mencukupi kebutuhan hariannya yakni 10 mg per harinya. Hal ini dilakukan melalui pangan yang kaya akan vitamin D maupun konsumsi multivitamin.

 Kalsium

Selain vitamin D, dalam pembentukan tulang dan gigi tubuh memerlukan kalsium. Komponen mineral ini mudah ditemukan dalam bahan makanan seperti susu, produk fermentasi seperti tempe dan yogurt, sayuran hijau hingga ragam kacang – kacangan. Selama masa kehamilan anda bisa mengonsumsi ragam makanan diatas ataupun mengonsumsi vitamin ibu hamil yang kaya akan vitamin D. Apabila anda mengurangi asupan vitamin ini maka anak akan tumbuh kurang optimal.

Zat besi

Salah satu vitamin yang penting dikonsumsi selama masa kehamilan adalah zat besi. Mineral ini dibutuhkan selama masa kehamilan maupun dalam keseharian masyarakat umum. Zat besi mampu mendukung pembentukan sel darah merah. Kasus bayi lahir kekurangan sel darah merah atau anemia maupun kondisi anemia yang terjadi pada ibu banyak terjadi. Dimana hal ini mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebab itu, konsumsi vitamin ibu hamil kaya zat besi maupun konsumsi makanan kaya akan nutrisi tersebut diperlukan.

 Vitamin B kompleks

Kandungan vitamin B penting yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Dimana kandungan ini dibutuhkan untuk membentuk sistem saraf dalam otak bayi. Pemberian asam folat yang cukup kepada bayi selama dalam masa kandungan akan mendukung pengoptimalan perkembangan otaknya. Jenis vitamin B lainnya yang dibutuhkan ibu hamil adalah B1,B6, B2 hingga B12 yang tersedia dalam bentuK vitamin ibu hamil siap konsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *