7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Rutin!

lili 0
7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Rutin

Buah kurma adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi terutama di Indonesia, tidak hanya karena rasa buah ini yang manis tapi juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Nah buah kurma ini banyak dikonsumsi khususnya pada bulan puasa untuk takjil saat berbuka. Tetapi karena manfaat kurma yang sangat banyak, kini buah tersebut juga selalu tersedia meski tidak bulan Ramadan.

Kurma punya banyak kandungan nutrisi pada dagingnya seperti misalnya kandungan protein, vitamin B6, zat besi, magnesium, potasium, karbohidrat, serat, lemak hingga kalori. Karena kandungan yang banyak ini, berikut manfaat kurma yang baik bagi kesehatan tubuh.

  • Cukupi kebutuhan gizi harian, untuk yang rajin mengkonsumsi kurma setiap hari maka bisa menjadi salah satu tips diet harian. Kurma dengan kandungan serat dan kalori yang tinggi ini tentu saja membuat stamina tubuh tetap kuat. Jadi tidak heran mengapa manfaat kurma untuk diet cukup bisa diandalkan. Kurma juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan karena membuat usus besar lebih lancar pergerakannya. Anda yang susah BAB, maka wajib makan kurma agar kegiatan buang air besar lebih lancar setiap hari.
  • Menjaga kestabilan gula darah, seseorang dengan masalah gula darah yang tinggi bisa juga diatasi dengan mengkonsumsi kurma. Kurma sendiri mengeluarkan rasa manis yang alami sehingga bisa menjadi pengganti gula. Tidak hanya menampilkan gula darah saja tapi, juga mampu membantu kesehatan tulang.
  • Membantu kelancaran persalinan, rutin mengkonsumsi kurma ternyata memberikan manfaat kurma untuk ibu hamil. Ibu hamil yang rajin makan kurma tentu saja persalinannya nanti akan jauh lebih mudah. Cocok juga bagi ibu yang ingin melahirkan dengan persalinan normal dengan makan kurma pada minggu-minggu terakhir sebelum melahirkan. Fungsinya tentu saja untuk membuat leher rahim menjadi melebar sehingga proses persalinan lebih mudah dilakukan tanpa harus melewati operasi caesar.
  • Mencegah peradangan, buah kurma sendiri punya kandungan antioksidan yang tinggi terutama untuk kandungan polifenolnya. Nah polifenol sendiri baik untuk mencegah tubuh dari terkena peradangan. Kurma juga baik untuk seseorang yang punya sistem kekebalan tubuh yang cukup rendah karena dengan mengkonsumsinya jadi tidak mudah sakit.
  • Baik untuk kesuburan, manfaat kurma untuk kesuburan tidak hanya bisa dirasakan bagi pria saja tetapi juga wanita. Gua mah punya kandungan asam amino dan seng sehingga mampu meningkatkan kesuburan pasutri. Bahkan di daerah asalnya sendiri yaitu di Timur Tengah, serbuk sari kurma mampu mengatasi ketidaksuburan pada pria. Sementara biji dan serbuk sarinya membantu meningkatkan hormon reproduksi pria dan wanita.
  • Pencegahan diabetes, karena gula darah lebih stabil saat mengkonsumsi kurma tentu saja buah ini baik untuk mencegah diabetes. Ini karena ke rumah punya kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga saat dikonsumsi tidak akan membuat gula darah naik drastis. Serat tidak larut dari kurma akan cukup lama diproses di dalam perut sehingga menjadi pengontrol kadar gula darah yang baik di tubuh.
  • Meningkatkan energi, manfaat kurma lainnya yang juga bisa dirasakan saat dikonsumsi setiap hari adalah membuat anda tetap bisa berenergi sepanjang hari. Tentu saja ini karena kandungan glukosa yang tinggi pada kurma sehingga bisa memberikan tambahan energi pada tubuh lebih cepat. Dapatkan tips tentang kesehatan di hermihidayati.com

 

Jadi itu tadi beberapa manfaat kurma yang bisa anda dapatkan ketika dikonsumsi secara rutin. Namun tentu saja meski Anda boleh mengkonsumsi kurma, tetap pastikan sesuai takaran penyajian. Karena jika kurma dikonsumsi secara berlebihan juga sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *