Cari Jasa Kirim Barang Ke Malaysia? Simak Juga Tips Meningkatkan Nilai Ekspor

lili 0
kirim barang ke malaysia

Sebagai orang Indonesia Anda harus bangga, karena negara ini memiliki potensi untuk ekspor barang cukup tinggi. Banyak produk-produk Indonesia yang disukai oleh negara lain salah satunya adalah Malaysia. Dengan fenomena ini, tidak heran mengapa kirim barang ke Malaysia jadi lebih mudah dengan banyak pilihan jasa ekspedisi.

Nah karena peluang ini, tentu anda harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan nilai ekspor. Peningkatan nilai ekspor bisa dilakukan terutama untuk bidang pertanian, karena bidang ini cukup potensial untuk pasar internasional.  Tujuannya agar, komoditi ekspor Indonesia semakin dikenal dunia.

 

1. Petani Harus Paham Prosedur Ekspor

Untuk meningkatkan nilai ekspor sebaiknya petani Indonesia harus memahami bagaimana cara ekspor barang. Ketika petani Indonesia semakin cerdas untuk menjual produknya sendiri, tidak hanya nilai ekspor yang meningkat tapi juga kesejahteraan untuk petani tersebut semakin naik. Pemerintah sebaiknya  harus peka akan hal ini. Dengan cara membekali para petani dengan ilmu yang mempelajari cara ekspor terkait prosedur dan tata cara ekspor hasil pertanian ke luar negeri.

 

2. Promosi

Sesudah mengetahui cara ekspor produknya ke luar negeri dengan jasa ekspor terbaik, promosi juga harus dilakukan. Kegiatan promosi memiliki manfaat untuk memperkenalkan produk Anda ke pasar global. Zaman sekarang tidak sulit untuk melakukan promosi karena bisa dilakukan dengan banyak cara salah satunya media online. media online juga terbagi dalam banyak platform yang bisa anda masuki. Seperti misalnya media sosial, yang merupakan sarana efektif untuk promosi produk.

 

3. Mencari Pembeli

Kirim barang ke Malaysia atau negara lainnya tentu tidak boleh Anda lewatkan saat melakukan kegiatan ekspor. Nah dalam peningkatan nilai ekspor, anda tidak hanya harus melakukan promosi tapi mencari pembeli di luar negeri. Untuk menemukan pembeli Anda bisa langsung melakukan searching di internet dan mencari para peminat hasil pertanian. Jangan lupa untuk menentukan harga hasil produk pertanian.

 

4. Kerjasama Dengan Perusahaan Eksportir

Setelah Anda menemukan pembeli, peningkatan nilai ekspor bisa dengan mencari perusahaan eksportir. Karena anda adalah seorang pemula di bisnis ekspor, maka paling aman untuk menggunakan pihak ketiga dalam ekspor barang. Hal ini dikarenakan, ketika melakukan pengiriman barang anda harus mengurus badan hukum terlebih dahulu. Tentu poin ini memakan waktu yang lama dan agak rumit, serta membutuhkan banyak persyaratan juga.

 

5. Persiapan Barang

Selanjutnya yang harus dilakukan untuk ekspor barang adalah melakukan pengemasan hasil pertanian dengan sempurna. Pengemasan harus dilakukan hati-hati agar barang tidak mengalami cacat atau rusak di perjalanan. Selain proses pengemasan Anda juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen kelengkapan. Seperti misalnya dokumen PEB ataupun dokumen bea cukai.

 

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nilai ekspor barang terutama di sektor komoditi pertanian. Jika anda sedang mencari jasa kirim barang ke Malaysia ataupun negara lainnya untuk memperlancar kegiatan ekspor, maka bisa memilih ekspedisi terpercaya yaitu Kilo.id. Jasa ini membantu para eksportir atau importir dalam pengiriman barang. Bahkan Anda tidak perlu repot mengurus dokumen kelengkapan untuk prosedur ekspor, karena jasa Ini yang akan membantu anda mengurusinya. Untuk tarif biaya pengiriman dengan menggunakan Kilo.id juga bersaing dan terbilang sangat terjangkau. Apalagi untuk pengiriman barang dengan berat diatas 21 kg, maka anda akan mendapatkan harga spesial yang tentunya lebih murah tanpa mengurangi kualitas ekspor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *