Mengenal Lebih Dekat Panel Surya, Solusi Kebutuhan Listrik Andal dan Berkelanjutan

lili 0
panel surya

Meski sebagian besar listrik yang digunakan di dunia berasal dari sumber energi tak terbarukan, namun berbagai penelitian terkait sumber energi alternatif sudah banyak dilakukan. Hal ini bisa dilihat dari panel surya, yang menggunakan sumber energi sinar matahari untuk menghasilkan listrik. Bagaimana cara kerja panel surya dalam menghasilkan listrik ? Yuk simak ulasan berikut.

 

Lebih Dekat dengan Panel Surya

Sebagai solusi kebutuhan listrik berkelanjutan, sebaiknya anda mengenal lebih dekat mengenai panel surya ini. Yang mana cikal bakal teknologi panel surya tersebut sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 1839, oleh seorang ahli fisikawan yaitu Alexandre Edmond Becquerel. Namun kala itu muatan listrik yang dihasilkan masih sangat kecil.

Selang bertahun tahun kemudian, melalui penelitian yang dilakukan oleh Grylls Adam dan muridnya Richards Evans di tahun 1904 ini membuktikan kebenaran bahwa listrik memang bisa dihasilkan dari energi cahaya. Inilah yang mendorong Russel Ohl, kemudian membuat teknologi yang diberi nama solar cell atau panel surya.

Cara kerja panel surya yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik memiliki banyak keunggulan. Mulai dari ramah lingkungan, sumber energi tersedia secara gratis, dan masih banyak. Hal ini membuat panel surya tersebut terus dikembangkan hingga saat ini, dan digadang gadang menjadi solusi sumber energi masa depan ketika bahan bakar fosil telah mengalami krisis.

 

Cara Kerja Solar Panel

Secara singkat, seperti yang telah disebutkan bahwa panel surya bekerja dengan cara menyerap energi yang dihasilkan oleh matahari. Kemudian energi yang ditampung ini ditransformasikan ke dalam baterai, sehingga solar panel tetap bisa digunakan meski pada sore hari maupun malam hari atau ketika sedang mendung maupun hujan.

Dengan menggunakan instalasi kabel, baterai kemudian menyalurkan energi yang ditampung ke sumber sumber listrik di rumah. Lalu bagaimana panel surya dapat menjadikan sinar matahari menjadi energi listrik ? Hal ini lantaran panel surya terdiri atas 2 lapisan silikon yang dapat digunakan untuk menangkap muatan positif (P) dan muatan negatif (N).

Hasil pertemuan antara dua muatan tersebut membuat terciptanya medan listrik pada panel surya. Yang mana dengan lapisan reflektif yang ada pada panel, energi matahari yang sudah diterima tidak akan memantul kembali. Kemudian cara kerja panel surya beralih ke baterai seperti yang telah dijelaskan di awal.

 

Tempat Efektif Memasang Panel Surya

Melihat bahwa panel surya bekerja dengan mengubah energi matahari, maka sistem ini harus dipasang di tempat terbuka yang mudah terpapar sinar matahari. Contohnya seperti di atap rumah, dengan kemiringan sekitar 30 sampai 40 derajat di gentengnya. Kemiringan tersebut akan membuat panel surya lebih efektif dalam menangkap energi sinar matahari.

Sumber energi listrik yang dihasilkan panel surya, bisa anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam sehari hari. Terlebih dengan bahan bakar energi yang tersedia secara gratis, maka sistem ini tentunya bisa digunakan secara berkelanjutan. Dalam hal ini, https://SUNEnergy.id/ menyediakan panel surya atap untuk kebutuhan di rumah hingga gedung perkantoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *