Meskipun Memenuhi Standard, Pemasangan Pipa SNI Harus Sesuai Prosedur!

lili 0
pipa SNI

Pipa SNI perlu dipasang saat merombak kamar mandi, wastafel dapur, pipa bawah tanah, dan banyak lagi. Salah satu pipa air terbaik untuk digunakan adalah pipa yang berstandard SNI, seperti pipa SNI PVC. Jenis pipa ini kompatibel dengan suplai air panas dan dingin. Meskipun sudah memenuhi standard, saat pemasangan Anda juga tak boleh berpikiran yang penting jadi, karena semua itu ada tata caranya. Untuk memasang pipa SNI baru di rumah Anda, silahkan ikuti langkah berikut:

Langkah Pemasangan Pipa SNI yang Sesuai Prosedur

Matikan pasokan air utama

Memasang pipa saat pasokan air dalam keadaan hidup atau menyala akan menghasilkan kekacauan yang sangat besar, jadi pastikan untuk mematikan pasokan air utama yang ada di seluruh rumah. Periksa lagi dengan teliti agar tak timbul permasalahan di tengah perjalanan proyek Anda.

Tentukan di mana akan memasang pipa

Tentukan tempat Anda memasang dan menghubungkan pipa SNi Anda. Pastikan sebelum keseluruhan bahan terbeli, Anda sudah jeli merencanakan semua ini agar pelaksanaannya mudah dan cepat. Perlu diingat bahwa akan lebih baik jika pipa tersebut tidak dibiarkan terpasang di area terbuka tanpa tertutupi dinding atau apapun. Hal ini untuk menghindrai kekacauan tertentu seperti pipa terkena goresan benda tajam atau lainnya.

Menentuka area yang dilubangi

Tentukan dengan cermat di mana nanti Anda akan melubangi atau mengebor area untuk pipa tersebut. Periksa lagi area di mana pipa akan mengalir dan tandailah lokasi yang akan dibor atau dilubangi. Jika pipa sengaja diletakkan dan melewati dinding, buat lubang di lokasi itu dengan begitu hati-hati. Pastikan area tersebut dibor dengan diameter yang benar agar sesuai dengan ukuran pipa.

Mulai penyambungan pipa

Sebelum itu, Anda harus yakin bahwa lem yang hendak digunakan itu sudah sesuai terutama dengan pipa air SNI yang hendak kamu gunakan. Jika Anda bingung, Anda bisa membelinya di Rucika dan menanyakan hal tersebut. Pihak Rucika akan menjelaskan secara gamblang mengenai fungsi juga kelebihan masing-masing produk.

Well, sebelum mengoles lem, bersihkan dulu setiap ujung pipa. Gunakan kuas atau serat lembut untui mengoleskannya. Setelah pengolesan usai, saatnya Anda menyambungkan pipa. Segeralah sambungkan sebelum lem tersebut benar-benar kering. Setalh itu, biarkan sekitar 1 hari sampai pipa SNI tersebut tersambung sempurna.

Sebenarnya pipa SNi Rucika itu sudah terbukti kuat dan anti bocor. Tapi jika Anda menggunakan dan memasangnya, ada baiknya Anda menambahkan lem lain seperti seal tape ataupun valve socket agar sambungannya lebih baik lagi. Oh ya, jika valve socket adalah pilihan Anda, pastikan tak menyambung pipa terlalu kencang karena itu justru akan membuat pipa makin rusak.

Pengecekan Dilakukan pada Sambungan Pipa

Lakukan pemeriksaan terakhir untuk melihat apakah semua sambungan yang dilakukan pada pipa tersbeut sudah terpasang dengan benar dan tak ada kebocotan. Untuk memeriksanya, Anda bisa menyalakan suplai air dan lebih jelihlah menelitinya. Jika ada kebocoran pada salah satu sambungan, matikan pasokan air, kuras air dan perbaiki kebocorannya. Gunakan sealant pipa untuk membersihkan kebocoran. Jika perlu, isolasi pipa dan tutupi di dinding agar lebih aman lagi.

Memang sepertinya mudah sekali untuk mesamg pipa. Tapi, jangan pernah melupakan ketelitian. Sekali saja Anda lengah pada saat pengeleman misalnya, Anda akan rugi uang dan waktu bahkan energi. Kenapa? Kesalahan saat mengelem bisa berdampak kebocoran hingga kerusakan yang artinya Anda harus merombak ulang bahkan bisa saja membeli ulang materialnya. So, pastikan langkah-langkah di atas Anda ikuti tanoa ada yang dilewati.

Nha, untuk memperolah pipa SNI, kami sangat menyarankan Rucika brand yang sudah dikenal luas kualitasnya. Varian produk yang ditawarkan juga sesuai dengan harga beserta kualitas. Cek saja websitenya di www.rucika.co.id atau langsung mendatangi tempatnya. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *