Waspada Gejala Awal Saat Penyakit Jantung Menerpa!

lili 0
rumah sakit jantung jakarta

Setiap orang diharuskan untuk mengenali gejala awal penyakit jantung agar bisa mewaspadainya. Jangan sampai rasa tidak acuh pada gejala tersebut justru berakhir dengan penemuan penyakit jantung yang telah masuk dalam kondisi akut dan mengharuskan untuk dirujuk ke rumah sakit jantung Jakarta atau di kota manapun yang terdekat dengan lokasi Anda. Untuk tetap waspada, berikut gejala awal yang harus anda kenali.

Daftar Gejala dari Penyakit Degenerative Jantung

1. Timbulnya Nyeri di Area Dada

Adanya kondisi Angina Pektoris atau timbulnya nyeri sekitaran dada akan mengawali perjalanan anda di penyakit jantung coroner loh. Untuk gejalanya mungkin akan berbeda beda pada setiap orang, namun beberapa di antaranya mungkin akan merasakan seperti dada ditimpa sesuatu yang berat. Dementara indikasi lain layaknya sensasi dada yang sedang terbakar.

Tahukah kamu alasan dibalik timbulnya nyeri pada area dada tersebut? Hal tersebut terjadi saat otot yang ada pada jantung tidak memperoleh suplai oksigen secara cukup. Pada tahap awal terjadinya penyakit jantung, gejala nyeri dada mungkin hanya timbul ketika kebutuhan oksigen tubuh sedang meningkat. Misalnya saja saat sedang berolahraga atau mengalami tekanan emosional, dan otomatis hilang dengan istirahat.

2. Detak Jantung Tidak Teratur

Gejala lain dari penyakit jantung yang juga kerap kali terjadi, yakni kondisi detak jantung sesekali terasa tidak normal. Misalnya saja datangnya detak jantung terasa lambat, atau tiba tiba ada detak yang menyelip di antara 2 detak jantung. Jika anda sering merasakan kondisi serupa, ada baiknya langsung periksakan diri ke rumah sakit jantung terdekat.

Sebenarnya kondisi ini umum terjadi pada seseorang yang terlalu berlebihan konsumsi minuman kopi. Selain itu, orang yang memiliki kebiasaan tidur yang kurang dari kisaran waktu 9 jam akan berpotensi untuk mengalami detak jantung yang tidak teratur. Namun ada masanya anda perlu khawatir, apabila gejala tersebut sering dirasakan tanpa adanya alasan jelas yang melatarbelakangi detak tidak teratur.

3. Muncul Pembengkakan

Apabila anda merasakan adanya pembengkakan pada area kaki, bisa jadi ini adalah tanda dari gejala awal penyakit jantung. Area kaki yang membengkak tersebut terjadi saat jantung kurang optimal dalam proses pompa darah. Alhasil aliran darah yang seharusnya mengalir ke seluruh tubuh beserta  aliran darah yang balik ke jantung justru mengalami penghambatan.

Di tahap awal penyakit jantung, darah yang terhambat di kaki bisa menyebabkan penumpukan cairan yang umumnya terlihat jelas di punggung kaki dan juga pergelangan tangan. Namun jika dibiarkan secara terus menerus, maka pembengkakan bisa terjadi diseluruh tubuh pasien. Perawatan intensif di rumah sakit jantung pun harus dilakukan  agar penyakit tidak makin parah.

Setelah anda menyimak ulasan awal terkait penyakit jantung tentunya anda bisa tau jikalau gejalanya bisa diketahui sejak dini. Asalkan anda lebih peka terhadap kondisi tubuh dan memahami dengan cermat jika ada hal yang menyimpang dari organ dalam tubuh, seperti contohnya detak jantung yang tidak beraturan.

Heartology adalah salah satu rumah sakit jantung yang mengedepankan tim medis yang professional dan juga fasilitas lengkap untuk kebutuhan penanganan medis. Cek website Heartology untuk info daftar dokter jantung hingga fasilitas apa saja mulai dari check up hingga operasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *